Novel The Great Gatsby karya F. Scott Fitzgerald

Novel ini dikisahkan oleh Nick Carraway yang menjadi narator. Nick seorang veteran perang dunia I yang merupakan pebisnis lulusan Universitas Yale. Nick pindah ke West Egg, menyewa sebuah bungalow bersebelahan dengan mansion milik Jay Gatsby. Nick adalah sepupu Daisy yang merupakan mantan kekasihnya Gatsby. Meski telah terikat pernikahan, suami Daisy, Tom berselingkuh dengan Myrtle Wilson, istri dari kenalannya, George Wilson -seorang pemilik bengkel mobil. Kesan awal Nick terhadap Gatsby tidak terlalu baik, mendengar bahwa banyak spekulasi orang-orang di pesta Gatsby membicarakan bahwa harta Gatsby berasal dari hasil bisnis illegal, atau mata-mata Jerman.

Gatsby selalu mengadakan pesta tiap minggu, berharap Daisy menjadi salah satu tamu di pestanya. Rumah Gatsby di West Egg dan rumah Daisy di East Egg, yang dipisah oleh teluk. Nick mendapat undangan dari Gatsby, lalu Gatsby mengajak Nick makan siang dan memperkenalkannya kepada mitra bisnisnya – seorang gangster bernama Meyer Wolfshiem. Nick memulai hubungan dengan Jordan. Melalui dia, Nick mengetahui bahwa Gatsby dan Daisy jatuh cinta lima tahun yang lalu, dan Gatsby ingin melihatnya lagi. Nick mengatur agar Daisy datang ke rumah Gatsby. Daisy dan Gatsby mulai berselingkuh.

Tom dan Daisy datang ke pestanya Gatsby, dengan segera Tom dapat melihat bahwa uang Gatsby kemungkinan besar berasal dari kejahatan. Karena Gatsby memiliki ambisi bahwa untuk mendapatkan hati Daisy ia harus setara. Nick, Gatsby, Daisy, Tom, dan Jordan berkumpul untuk makan siang. Saat makan siang, Daisy dan Gatsby berencana untuk memberi tahu Tom bahwa dia akan meninggalkannya. Gatsby tiba-tiba merasa tidak nyaman membicarakan ini di rumah Tom, dan Daisy menyarankan pergi ke Manhattan.

Di Manhattan, mereka berlima mendapatkan suite di Plaza Hotel. Gatsby mengungkapkan perasaannya pada Daisy. Tom dengan sengaja langsung menjatuhkan Gatsby, ia mengungkapkan bahwa Gatsby adalah seorang perampok, dan mungkin juga terlibat dalam kegiatan kriminal lainnya. Gatsby menuntut agar Daisy meninggalkan Tom sepenuhnya, dan mengatakan bahwa dia tidak pernah mencintainya. Daisy menolak Gatsby dan menghancurkan impian dan obsesi Gatsby. Jelas bahwa hubungan mereka sudah berakhir dan bahwa Daisy telah memilih untuk tinggal bersama Tom.

Malam itu, Daisy dan Gatsby pulang dengan mobilnya, dengan Daisy di duduk dibelakangnya. Ketika mereka berkendara dengan pompa bensin Wilson, Myrtle berlari ke mobil karena mengira Tom yang mengemudi. Daisy memukul dan membunuh Myrtle, pergi tanpa berhenti. Nick, Jordan, dan Tom menyelidiki kecelakaan itu. Tom memberi tahu George Wilson bahwa mobil yang menabrak Myrtle adalah milik Gatsby. Malam itu, Gatsby diputuskan bersalah atas kecelakaan itu. Dia masih menunggu Daisy berubah pikiran dan kembali kepadanya, tetapi Daisy dan Tom melewatkan hari seperti biasanya. Nick putus dengan Jordan karena dia sama sekali tidak peduli tentang kematian Myrtle.

Gatsby bercerita pada Nick tentang kisahnya. Sebagai seorang perwira di ketentaraan, ia bertemu dan jatuh cinta pada Daisy, tetapi setelah sebulan harus keluar untuk berperang di Perang Dunia I. Dua tahun kemudian, sebelum Gatsby bisa pulang, Daisy menikahi Tom. Gatsby telah terobsesi untuk mendapatkan Daisy kembali sejak dia dikirim keluar untuk berperang lima tahun sebelumnya.

Keesokan harinya, George Wilson menembak dan membunuh Gatsby, dan kemudian dirinya sendiri. Polisi meninggalkan urusan Buchanan dan Myrtle dari laporan pembunuhan dan bunuh diri.

Nick mencoba mencari orang-orang untuk datang ke pemakaman Gatsby, tapi semua orang yang berpura-pura menjadi teman Gatsby dan datang ke pestanya sekarang menolak untuk datang. Bahkan mitra Gatsby, Wolfshi, tidak ingin pergi ke pemakaman. Wolfshiem menjelaskan bahwa dia pertama kali memberi Gatsby pekerjaan setelah Perang Dunia I dan bahwa mereka telah menjadi mitra dalam banyak kegiatan ilegal bersama. Ayah Gatsby datang dari Minnesota ke pemakaman. Dia menunjukkan kepada Nick a self-improvement plan yang ditulis Gatsby untuk dirinya sendiri ketika masih kecil. Nick memutuskan untuk kembali ke rumahnya di Midwest.

Identifikasi alur, karakter, latar dan narator

The Great Gatsby adalah kisah tentang ketidakmungkinan merebut kembali masa lalu dan juga kesulitan mengubah masa depan seseorang. Novel ini adalah novel tentang cinta, cinta dalam novel ini menggerakan setiap karakter. Dengan Nick sebagai narrator namun bukan tokoh utama, telah menjadikan Gatsby sebaga focus penceritaan.

Novel ini menggunakan plot back-forward bisa diketahui di chapter satu paragraf pertama, “In my younger and more vulnerable years…” kutipan seorang tokoh bernama Nick yang menceritakan kembali cerita masa lalunya dan menggunakan sudut pandang “aku” yang diperankan oleh Nick Carraway. Walaupun “aku” namun Nick bukan tokoh utama dalam cerita ini. Tokoh utamanya adalah Jay Gatsby, sebagai seorang yang diakhir mati oleh ambisiusnya untuk mendapatkan kembali cintanya Daisy.

Nick Carraway memiliki watak yang jujur, toleran, dan cenderung menghakimi, Nick sering bertindak sebagai orang kepercayaan. Setelah pindah ke West Egg, Long Island yang merupakan rumah bagi orang kaya baru, Nick dengan cepat berteman dengan tetangga sebelahnya, Jay Gatsby yang misterius. Nick juga sepupu Daisy Buchanan, ia yang membangun kembali percintaan antara Daisy dan Gatsby. Novel ini diceritakan sepenuhnya melalui sudut pandang Nick, pikiran dan persepsinya membentuk dan mewarnai cerita.

Jay Gatsby, karakter judul dan menurut saya ia bisa dikatakan protagonis juga antagonis dalam novel ini, kita mengetahui ia seorang korban cinta Daisy dan dari Nick juga mengetahui bahwa Gatsby membuat kekayaannya melalui kegiatan kriminal, karena ia bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkan posisi sosial yang menurutnya perlu untuk memenangkan Daisy. Nick memandang Gatsby sebagai pria yang sangat cacat, tidak jujur dan vulgar, yang optimisme dan kekuatannya yang luar biasa untuk mengubah mimpinya menjadi kenyataan membuatnya tetap “hebat”.

Daisy Buchanan, sepupu Nick adalah perempuan yang Gatsby suka. Sebagai seorang perempuan muda di Louisville sebelum perang, Daisy didekati oleh sejumlah petugas, termasuk Gatsby. Dia jatuh cinta pada Gatsby dan berjanji untuk menunggunya. Namun, seorang pemuda kaya dan berkuasa bernama Tom Buchanan memintanya untuk menikah dengannya, Daisy memutuskan untuk tidak menunggu Gatsby. Ia adalah seorang sosialita yang cantik, Daisy tinggal bersama Tom di seberang Gatsby di distrik East Egg yang modis di Long Island. dari sudut pandang Nick, Daisy orang yang sinis, dan berperilaku dangkal untuk menutupi rasa sakitnya pada perselingkuhan suaminya.

Tom Buchanan adalah seorang yang sombong. Sikap sosialnya dipenuhi dengan rasisme dan seksisme, dan ia tidak memiliki keraguan moral tentang perselingkuhannya dengan Myrtle, tetapi ketika dia mulai mencurigai Daisy dan Gatsby berselingkuh, dia menjadi marah.

Jordan Baker adalah teman Daisy, seorang perempuan yang pernah terlibat asmara dengan Nick. Ia perempuan yang sinis, kekanak-kanakan, dan egois. Jordan cantik, tetapi juga tidak jujur: dia curang untuk memenangkan turnamen golf pertamanya.

Myrtle Wilson adalah selingkuhan Tom. Dia memilih Tom, yang memperlakukannya hanya sebagai objek keinginannya.

George Wilson adalah suami Myrtle, pemilik toko mobil yang rusak. George mencintai dan mengidealkan Myrtle, dan hancur oleh perselingkuhan istrinya dengan Tom. Geoge sedih ketika Myrtle terbunuh. George sebanding dengan Gatsby karena keduanya adalah pemimpi dan keduanya hancur oleh cinta tak berbalas.

Owl Eyes berkacamata eksentrik yang bertemu Nick di pesta pertama yang dia hadiri di rumah Gatsby.

Meyer Wolfsheim adalah teman Gatsby, seorang tokoh terkemuka dalam kejahatan terorganisir. Wolfsheim membantu Gatsby untuk membuat kekayaannya membasahi minuman keras ilegal

Latar waktu dalam cerita yang ditulis oleh Fitzgerald adalah tahun 1922 sesuai dengan isu social yang terjadi di Amerika. Setelah saya baca referensi lain, pada saat itu Amerika dijuluki dengan “Jazz Age” dimana musik jazz sedang buming dan orang-orang Amerika setelah perang dunia I banyak yang mendadak menjadi orang kaya baru seperti Gatsby, yang mendapatkan harta dari bisnis illegal. Uang dan hidup hedonisme adalah impian banyak orang, seperti para tamu pestanya Gatsby. Latar tempat, Fitzgerald menceritakan cerita di Long Island yaitu tempat tinggal Gatsby berada di West Egg dan tempat tingal Daisy di East Egg, ia menggambarkan bahwa West Egg adalah wilayah untuk orang kaya baru seperti Gatsby dan seberangnya yang dipisah oleh teluk adalah East Egg yang merupakan wilayah untuk orang kaya lama, seperti Daisy, Tom. Dari sudut pandang Tom sebagai orang East Egg, orang kaya baru seperti Gatsby dianggap norak. Misalnya, bagaimana Tom memandang jijik terhadap setelan pink yang dipakai Gatsby.

・・・

Link referensi

http://bukuygkubaca.blogspot.com/2010/12/great-gatsby-fscott-fitzgerald.html

https://www.sparknotes.com/lit/gatsby/characters/

https://www.sparknotes.com/lit/gatsby/characters/

・・・ ・・・ ・・・ ・・・ ・・・ ・・・ ・・・

saya baru baca novelnya dalam bahasa Inggris dan ketika saya baca ada beberapa paragraf/kalimat yang tidak dimengerti. Kalau ada tulisan diatas yang tidak sesuai dengan cerita, bisa komentar dibawah. Terimakasih 💕

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on telegram
Share on tumblr

YOU MIGHT ALSO LIKE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Novel The Great Gatsby karya F. Scott Fitzgerald