Perbedaan Tone, Mood, dan Atmosphere

Aku diberi tugas oleh dosen untuk mengidentifikasi Mood, Atmosphere dan Tone dalam novel The Great Gatsby karya F.Scott Fitzgerald. Namun sebelum aku mengidentifikasi, aku harus mengetahui apa itu mereka. Mood, Atmosphere dan Tone menurutku sangat diperlukan dalam membuat novel atau cerita pendek agar alur cerita tidak membosankan. Dibawah ini adalah tulisanku setelah membaca beberapa referensi dari website berbahasa inggris. Tulisanku ini mungkin sama dengan referensi yang aku baca, link akan aku cantumkan setelah tulisan ini. Sebagian mungkin sulit membedakan antara mood dan atmosphere, keduanya mungkin hampir sama. Maka saya akan menjelaskan menurut pandangan dan pendapat saya.

TONE/NADA

Tone atau nada adalah sikap penulis yang diungkapkan dalam penulisan. Tone juga umumnya dianggap menggambarkan karya secara keseluruhan, bukan bagian tertentu. Tone umumnya disampaikan melalui pilihan kata, atau sudut pandang seorang penulis pada subjek tertentu.

Tone dalam novel atau cerita pendek seringkali tergantung pada genre. Misalnya, pada sebuah novel horror, tone bisa menegangkan, karena author menahan informasi tertentu untuk menciptakan perasaan ini. Jika novel percintaan maka kemungkinan pembaca akan menginginkan sejumlah ketegangan seksual.

MOOD/SUASANA HATI

Mood atau suasana hati adalah perasaan internal (tokoh) yang berkontribusi untuk membangun seluruh suasana narasi, mood lebih spesifik mengenai emosi dari individu. Mood lebih berasal dari pilihan kata dan struktur kalimat. mood berfungsi sebagai sarana untuk menentukan atmosphere.

ATMOSPHERE/SUASANA

Atmosphere adalah jenis perasaan yang didapat pembaca dari narasi, berdasarkan detail seperti latar, latar belakang, objek, dan bayangan ada di tempat. Misalnya, pada kematian tokoh, atmosphere bisa tertekan atau sedih, tetapi saat menemukan teman yang sudah lama hilang, atmosphere bisa menjadi ceria dan gembira. Atmosphere pembaca sering seiring dengan tokoh, jika hubungan karakter-pembaca cukup kuat. Atmosphere seringkali terbentuk oleh mood.

Link referensi:

https://www.nzbooklovers.co.nz/post/the-difference-between-tone-mood-atmosphere-voice

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on telegram
Share on tumblr

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 thought on “Perbedaan Tone, Mood, dan Atmosphere”

Leave a Comment